Senin, 08 November 2010

TEORI MEMORY

Memory adalah fungsi dari kognisi yang melibatkan otak dalam pengambilan informasi. Adapun teori –tentang tiga proses memory oleh Walgito yaitu :

1. Proses Enconding, adalah pengkodean terhadap apa yang dipersepsi dengan cara mengubah menjadi simbol – simbol atau gelombang tertentu yang sesuai dengan peringkat yang ada pada organisme.
2. Proses Storage, adalah penyimpanan terhadap apa yang telah diproses dalam Enconding.
3. Proses Retrieval, adalah pemulihan kembali atau mengingat kembali apa yang telah disimpan sebelumnya.

Contoh kasus dari tiga proses diatas adalah :
1. Ketika masih sekolah di SMP, saya mempunyai banyak teman, yang berarti ada banyak nama yang saya ketahui dari teman – teman tersebut. Saya mengingat nama mereka dengan mengenali ciri fisik dan sifat yang menonjol dari masing – masing karakter (terjadi proses Enconding). Kemudian sejak saat itu saya mulai menyimpanya dalam memory otak . Misalnya anak yang bernama Yanti, Dia cantik dan pintar, Heri, Dia tampan tapi pemalas, Nyoman, Dia anak yang aktif dalam pelajaran, Anton sering tidur dikelas, dan lain – lain (berlangsung proses Storage). Setelah lulus sekian lama dan kami pun tidak pernah bertemu, karena kangen, Sayapun berkomunikasi dengan salah satu dari mereka, lewat telepon. Disini saya dan teman saya, menceritakan beberapa hal tentang teman – teman di masa – masa SMP dulu, sesuai yang saya ingat. Misalnya: Si Yanti yang dulu cantik dan pintar itu, sekarang kuliah dimana?, Si Anton yang pernah di tegur oleh Bu guru karena ketiduran di kelas sekarang apa kabar?, “Eh si Tampan Heri sekarang pernah nanyain kamu lho” Dan lain – lain (disini terjadi proses pemulihan ingatan atau Retrival).


2. Saat Saya akan berangkat ke Pura, di rumah Saya melihat Devi (keponakan Saya) yang saat itu mengalami demam sedang tidur pulas (terjadi proses Enconding), kemudian sambil berjalan tanpa sengaja saya mengingat Devi sedang tidur di kamarnya, badanya panas, flu, kepalanya pusing, dan Devi memakai baju tidur warna putih( terjadi proses Storage). Ketika sampai di Pura dan bertemu dengan Ibunya Devi, Ibunya pun menanyakan, “Bagaimana keadaan Devi saat kamu berangkat tadi?”. Saya pun menjawab dan menceritakan Keadaan Devi sesuai apa yang telah saya lihat dan yang yang saya ingat (proses Retrival).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar