Jumat, 29 Oktober 2010

STUDENTSIETE GUNADARMA

http://studentsite.gunadarma.ac.id/

Studentsite Gunadarma merupakan salah satu fasilitas online yang diberikan Universitas Gunadarma untuk mahasiswa yang masih terdaftar aktif sebagai mahasiswa, dan studentsite dapat memberikan seluruh informasi terkait perkuliahan maupun non perkuliahan. Studentsite Gunadarma dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Setiap mahasiswa disarankan untuk melihat Studentsite setiap hari agar tidak ketinggalan informasi – informasi yang sangat penting. Berikut adalah menu – menu layanan yang ada di Studensite Gunadarma :

1. Home
Pada Home terdapat Info dari BAAK Universitas Gunadarma dan Kalender Akademik, yang sangat memberikan kemudahan bagi Mahasiswa mendapat informasi yang cepat dan uptodate dari kampus.
2. WWW News
3. BAAK News
BAAK News sama halnya seperti Home berisi informasi dari BAAK yang menyangkut kegiatan- kegiatan kemahasiswaan dan informasi mengenai administrasi akademik serta kalender akademik.
4. Lecture Messages
Berisikan pesan dari Dosen berupa tugas atau hal – hal yang berkaitan dengan perkuliahan oleh Dosen matakuliah maupun administrator kampus.
5. Rangkuman Nilai
Disini terdapat nilai – nilai yang telah didapat oleh masing – masing siswa baik nilai mata kuliah maupun nilai – nilai kegiatan- kegiatan yang telah diikuti oleh mahasiswa seperti workshop/kursus, PI / Skripsi / Aptitude / Perpus / Sidang, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Utama.
6. Jadwal Kuliah
Berisi Jadwal perkuliahan yang sedang dan akan berlangsung.
7. Jadwal Ujian
Berisi Jadwal kapan mahasiswa akan ujian.
8. Bebas perpustakaan
Menu ini berguna untuk membuat formulir permohonan bebas perpustakaan yang merupakan syarat untuk mengikuti sidang skripsi pada mahasiswa tingkat akhir.
9. Surat Keterangan
Menu ini berguna untuk melihat contoh Formulir surat keterangan. seperti menjadi anggota perpustakaan, asuransi kesehatan, pengunduran diri, melamar kerja, tunjangan pensiun kantor orang tua, magang kerja, memperoleh data penulisan ilmiah, memperoleh data skripsi, analisis data, kerja praktek, permohonan magang kerja, dan tunjangan gaji dari kantor orang tua. jenis- jenis surat tersebut terdapat pada menu ini.
10. Info Absensi
Berisi informasi absensi selama menjalani perkuliahan yang bisa dilihat mahasiswa semester 6 untuk melihat seberapa aktif mahasiswa tersebut dalam kegiatan perkuliahan.
11. Pendaftaran Lomba Blog
Dalam menu ini terdapat info perlombaan blog yang sedang diadakan dan disini mahasiswa bisa mendapatkan formulir pendaftaran blog yang ingin diikuti.
12. Info Seminar (UG Portofolio)
Berisikan informasi tentang seminar – seminar yang diadakan oleh Universitas Gunadarma.
13. Tulisan Portofolio
Untuk me-link tugas- tugas yang diberikan oleh Dosen maupun tugas dari Administrator kampus, selai tugas mahasiswa juga dapat me-link tulisan – tulisan yang dimuat di blog pribadi masing – masing.
14. Tugas Portofolio
Ini memiliki fungsi yang sama dengan menu Tulisan Portofolio, namun disini tidak dapat me-link tulisan – tulisan pribadi selain tugas dari Dosen.
15. Deposit Library
Dalam Deposit Library ini kita bisa meng- upload Penulisan Ilmiah atau skripsi. serta membuat permohonan bebas perpustakaan.
16. Warta Warga
Disini kita dapat memuat tulisan atau informasi yang ingi kita posting ke Warta Warga Gunadarma.

Blog – blog dibawah ini berfungsi untuk bagi mahasiswa yang ingin menulis maupun menjadi anggota dari komunitas yang diminatinya
17. Blog Komunitas Perbankan
18. Blog Komunitas Linux
19. Blog Komunitas fotografi
20. Blog Komunitas Arsitektur
21. Blog Komunitas Ekonomi Syariah
22. Blog Komunitas Pasar modal

Layanan tersebut diatas memberikan informasi kepada Mahasiswa, untuk menunjang proses perkuliahan. Namu selain diatas masih ada lagi layanan yang terdapat dalam Studentsite yaitu :
1. Locker, sama halnya dengan Home. Layanan ini memberikan informasi terupdate dari BAAK News dan informasi mengenai kalender akademik.
2. Email, sangat membantu mahasiswa untuk saling berkirim surat elektronik tanpa log in ke email terlebih dahulu.
3. Calendar, fitur ini memungkinkan si mahasiswa mengatur jadwal hariannya selayaknya agenda. Dengan demikian, tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau terlupakan.
4. Address book, untuk mengelola alamat-alamat email teman - teman dari mahasiswa yang bersangkutan.
5. Info log , menampilkan log log terakhir.
6. File Manager, untuk menyimpan dan mengelola file-file yang dimilkinya.
7. Forum, fitur ini merupakan tempat untuk sharing dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat saat ini dengan teman – teman melalui fitur ini.
8. Polls, fitur ini digunakan untuk menjaring pendapat rekan-rekannya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang sedang terjadi.
9. Bookmark, fitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini si mahasiswa dapat menyimpan URL situs favoritnya tersebut untuk referensi di kemudian hari.
Adapun kelebihan dan kekurangan dari Studentsite Gunadarma adalah :
A. Kelebihan Studentsite Gunadarma
Banyak sekali kelebihan dari situs ini, diantaranya :
1. Dapat diakses secara online dimana saja dan kapan saja.
2. Memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mendapatkan Informasi secara cepat dan uptodate.
3. Studentsite sangat mudah digunakan dan dipahami karena tampilan yang sederhana.
4. Dapat share berbagai informasi dengan seluruh mahasiswa yang ada di Gunadarma.
B. Kekurangan Studentsite Gunadarma
1. Sering mengalami gangguan atau error.
2. Tidak ada fasilitas chatting.
3. Tidak ada fasilitas searching, untuk memudahkan mengetahui mahasiswa lainya dan informasi yang ingin diketahui.
4. Tidak ada menu layanan yang dapat mengakses tentang kegiatan dari masing – masing acara keagamaan.
5. Masih ada jadwal – jadwal kuliah maupun praktek yang tidak termuat dalam studentsite, misalnya Jadwal praktikum internet, Ilab.

Sumber Referensi : http://www.gunadarma.ac.id/id/page/semakin-mudah-dan-nyaman-dengan-student-site.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar